Apple Cider Vinegar: The Hero to My Skin

Saya sudah berjuang mengobati jerawat selama hampir 10 tahun. Tinggal di Jakarta dengan polusi dan kelembaban udaranya membuat kulit berminyak saya menjadi sarang bakteri

Thank God saya bertemu dengan dermatologist yang cocok, setelah menggunakan produknya, jerawat saya mulai membaik walaupun butuh waktu kurang lebih 2 tahun. Walaupun kosmetik yang saya gunakan membantu mengurangi jerawat dan bekasnya, tetap saja jerawat terus muncul.

Karena pengobatan luar tidak bisa menghentikan produksi jerawat, saya ingin mencoba merawat dari dalam secara alami, dimulai dari minim mengkonsumsi makanan berminyak selama beberapa bulan, mengkonsumsi banyak sayur juga, tapi ternyata tidak ada hasil.

Suatu hari saat saya sedang rajin-rajinya main Snapchat, saya melihat Aimee Song (seorang fashion blogger kondang) setiap hari minum campuran air dengan ACV (Apple Cider Vinegar), katanya “walaupun tidak enak tapi ini demi kulit sehat” (diterjemahkan dari bahasa Inggris ya, hehehe…). Sejak itu saya mulai cari tahu tentang ACV yang kayaknya ajaib alias banyak sekali manfaatnya.

Yang membuat saya tertarik adalah ACV bisa membantu liver detox dan melawan radikal bebas, karena dua hal itu sangat penting untuk menjaga kulit sehat dan awet muda apa lagi yang tinggal di kota penuh polusi. Selain itu masih banyak lagi manfaatnya seperti; mengontrol gula darah dan membantu mempercepat penurunan berat badan.

Hasil dari berbagai online research, akhirnya saya beli Bragg Organic Apple Cider Vinegar Raw Unfiltered, karena ini katanya paling tokcer, hampir setiap website yang saya baca menganjurkan “harus pilih ACV yang ditulis with the mother. Apa bedanya? With the mother ini adalah unpasteurized atau tidak melalui proses sterilisasi (seperti unpasteurized milk), sehingga mengandung lebih banyak acid yang bermanfaat untuk kesehatan.

apple_cider_vinegar_hr
Photo source: Mill Creek Gen. Store

Cara minum

Saya minum setiap hari setiap hari sebelum tidur (sudah makan) dengan formula ini:

IMG_9188 copy
1 cangkir air mineral : 1 sdm ACV

Sebenernya bisa aja ditambahin airnya karena rasanya asem dan baunya lumayan menyengat, tapi saya pilih airnya tidak terlalu banyak supaya cepat habis, dalam satu atau dua teguk. Kurang lebih 9 bulan saya minum plus saya juga kadang menggunakan ACV untuk keramas, 1 botol itu belum habis.

Hasil

Mungkin hasil masing-masing orang akan berbeda, tapi kalau saya setelah sebulan mengkonsumsi sudah kelihatan kulit saya semakin membaik, produksi sebum semakin berkurang, ternyata ACV juga membantu menyeimbangkan hormone imbalance saya. Paginya setelah saya minum, wajah saya kelihatan lebih segar.

Kenapa tidak menggunakan ACV sebagai toner?

Saya baca dan nonton banyak banget yang swear by ACV as a toner, tapi gak berani ikutan coba, karena pengalaman buruk saya mencoba masker-masker DIY dari makanan & buah-buahan , saya sampai sekarang tidak berani coba apapun yang tidak diformulasikan khusus untuk kulit.

Yang harus diperhatikan

apple cider vinegar water

  • Pertama kali mencoba tenggorokan akan terasa tidak nyaman, plus baunya yang tidak enak, saya coba campur dengan air dingin sih lumayan membantu, lama-lama terbiasa kok.
  • Untuk yang punya asam lambung tinggi lebih baik tanya ke dokter dahulu.
  • Bumil, jangan minum ini dulu ya karena ACV ini raw & ufiltered juga belum tentu acid-nya friendly untuk kandungan.
  • Jumlah konsumsi ACV tidak boleh banyak-banyak, sehari satu sendok makan dilarutkan air satu gelas saja cukup.

 

 

Screen Shot 2017-07-20 at 5.23.39 PM

 

Advertisements

3 thoughts on “Apple Cider Vinegar: The Hero to My Skin

  1. Hai kak Ica, sebelumnya terimakasih sudah mampir di blog aku hehe 😀
    Salam kenal 🙂

    Kebetulan banget aku punya ini juga tapi belum berani “ngeracik” buat jadi toner karena takut engga cocok hehe
    Nanti saya mau coba deh ACV dengan cara diminum hehe 🙂

    Btw, kak saya senasib dengan kondisi kulit yang berjerawat juga 😦
    Sudah 4 tahun diklinik kecantikan buat nyembuhin jerawat tapi yaah gimana lagi karena hormonal pengobatan dari luar tidak bisa menuntaskan masalah jerawat 🙂 sampe sekarang masih jadi pasukan basmijerawat nih huhu 😀

    Like

    1. Hai salam kenal juga 🙂
      Emang nyebelin ya jerewi huhu… semoga minum ACV ini bisa membantu yaa.
      Semangat yaa! jangan nyerah 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s