Perawatan Setelah Bleach & Mewarnai Rambut

Dua minggu sudah setelah saya bleach dan mewarnai rambut, kalau belum baca silahkan ngintip di sini. Perubahan yang paling berasa sih bagian rambut yang bleached & dicat jadi kering banget. Selain itu usaha untuk mempertahankan warna biar ga cepet pudar juga penting yaitu jarang-jarang keramas. Dalam dua minggu ini saya baru keramas dua kali. Yang tau sih bilang jorok, yang ga tau sih ga tau aja :p

Dari BloBar saya diberi sebuah kartu yang isinya aftercare yang dianjurkan dalam bahasa Inggris, saya coba tulis dengan bahasa Indonesia:

  1. Jangan keramas minimal 3 hari.
  2. Setelah 3 hari atau lebih, cuci rambut menggunakan shampo bebas sulfat dan selalu gunakan air dingin.
  3. Kuncinya, jangan keramas terlalu sering. Saat keramas fokus hanya pada bagian kulit kepala, gunakan sedikit shampo dan jangan digosok (rubbing) terlalu keras.
  4. Belilah dry shampoo, akan membantu minyak rambut agar tidak lepek, tetap wangi dan tidak membuat warna rambut pudar.
  5. Catet kalau warna rambutnya pastel atau warna muda, pigmennya lebih sedikit daripada warna-warna gelap jadi akan cepat pudar. Kalau memiliki warna rambut ini dianjurkan keramas seminggu sekali.

Selama tidak keramas saya hanya rajin-rajin sisiran dan pake serum rambut. Saya hampir beli dry shampoo tapi katanya bisa bikin rambut yang sudah lepek jadi lebih gembel-gembel, so I skip it. Saya berhasil melwati hari-hari ga keramas dengan ikutan kelas yoga pemula biar ga keringetan. Kalau udah keliatan lepek poninya, saya hanya keramas bagian poni saja. Setelah seminggu udah ga tahan deh akhirnya keramas, sambil liatin busanya biru-biru sedih….

Produk-produk yang sekarang saya gunakan:

Processed with VSCO with a6 preset
Sisir, Serum, Shampoo

Sisir Tangle Teezer Hello Kitty

Rambut kering = gampang kusut, sisir ini mantap sekali, bener-bener gak pake kejambak-jambak dan enak gitu pas kena kulit kepala. Suami sampe ikutan pakai habis keramas dan suka nyisirin saya. Tersedia di drugstores (Watsons, Guardian, etc) , Sephora, beberapa super market dan toko-toko di instagram.

Serum rambut L’oreal Extraordinary Oil (100ml)

It works (insert Joe Taslim’s voice here), I use them almost everyday. Untuk rambut sebahu dan super kering ini saya perlu paling tidak 8 kali pump setelah itu disisir, diamkan dan rambut jadi lebih terasa sehat. Saya pakai dibagian yang kering saja. The only drawback is the packaging. Pumpnya kalau ditutup gampang sekali terbuka kurang bersahabat untuk traveling. Bisa dibeli di drugstores dan beberapa supermarket.

Shampo Phyto : Phytopanama (200ml)

Ini merk shampo bebas sulfat (sulfate free) yang cukup mudah dicari di dept. store (seperti Sogo, Metro, dsb.) dan Sephora Online. Phytopanama ini adalah balacing shampoo untuk kulit kepala berminyak seperti saya. Teksturnya cair sekali seperti air, ini mempermudah saya jadi shamponya nempel pas di kulit kepala saja; busanya sedikit; wanginya herbal.

Kenapa saya tidak beli color protect shampoo yang ada banyak di pasaran? Karena ternyata mengandung sulfat akan membuat warna lebih cepat pudar, apalagi untuk yang menggunakan cat rambut vegan seperti Manic Panic dan Pravana.

Diluar produk-produk yang saya gunakan saya juga merawat dengan cara keramas pakai air dingin, tidak pakai catokan rambut atau hairdryer (kalau perlu pakai hairdryer yang mode tanpa panas saja), tidak panas-panasan di bawah sinar matahari terlalu lama.

Terimakasih sudah mampir.

Don’t be a stranger! 😀

Advertisements

One thought on “Perawatan Setelah Bleach & Mewarnai Rambut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s